12.5.08

Manfaat Cokelat Untuk Ibu Hamil

Wanita hamil dianjurkan mengonsumsi cokelat, terutama cokelat hitam. Cokelat bisa mengurangi resiko terkena pre-eklampsia, sejenis penyakit tekanan darah secara mendadak yang timbul pada saat hamil. Sebab cokelat mengandung theobromine yang bermanfaat mencegah pre-eklampsia. Dokter Elizabeth W. Triche dari Universitas Yale, New Haven Amerika serikat,membuktikan khasiat itu.

Dalam situs reuters.com disebutkan, ia bersama koleganya meneliti 2.291 wanita yang baru saja melahirkan, mereka ditanya berapa banyak cokelat yang di makan dalam tiga bulan pertama dan terakhir dimasa kehamilan . Peneliti juga memeriksa kadar thebromine pada plasenta bayi baru lahir. Hasilnya 65 % wanita yang mengandung theobromine yang tinggi tidak berisiko terkena pre-eklampsia.

Ternyata 40% wanita yang mengonsumsi lima batang cokelat atau lebih setiap pekan dalam tiga bulan terakhir cenderung tidak mengalami pre-eklampsia. Ini jauh lebih tinggi ketimbang yang cuma memakannya kurang dari lima batang sepekan. Hasil studi itu dimuat dalam jurnal epidemiology.

Menurut Triche, theobromine meningkatkan sirkulasi dalam plesenta dengan memblok zat kima yang berkaitan dengan stres. theobromine menstimulasi jantung, merelaksasi otot-otot jantung dan memperbesar pembuluh darah. Cokelat juga dapat mengatasi nyeri dada, hipertensi, dan pengerasan pembuluh... siapa yang mo coba...

sumber gatra

1 komentar:

Ryuta Ando mengatakan...

Saya pernah baca katanya coklat juga bisa ngilangin stress dan pemakan coklat cenderung lebih happy.

Ternyata banyak banget ya manfaatnya..