15.10.08

Menguatkan Gigi

Ya! Makan banyak permen bisa mengakibatkan gigi berlubang. tapi, tahukah anda bahwa ada banyak makanan lain yang bisa menguatkan gigi anak?

Jeruk, Kiwi, stroberi, jeruk nipis, dan paprika

Ada beberapa tipe bakteri di mulut anak dan sebagian bisa mengakibatkan gingivitis, yakni tahap pertama dari penyakit gusi. Vitamin C dalam buah seperti jeruk, jeruk nipis, kiwi , melon merah, pepaya, dan stroberi membantu membunuh bakteri-bakteri ini dan juga memasok kolagen sehat untuk gusi. Sumber sayuran yang juga baik adalah paprika merah, kuning, dan oranye tomat dan ubi, Tapi dokter gigi mengatakan anak-anak harus menunggu sedikitnya 30 menit sebelum menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung sitrus. Sebab, asam sitrat di dalam buah bisa melemahkan enamel gigi untuk sememtara dan membuat gigi menjadi rentan terhadap erosi yang disebabkan oleh menggosok gigi.

- susu,Yogurt, dan keju

Karbohidrat dari tepung seperti roti, kentang putih dan pasta diurai menjadi gula. Ini makan bakteri tipe lain dimulut anak yang memproduksi asam penyebab gigi berlubang. Ketika anak minum susu atau makan yogurt atau keju yang kaya akan kalsium, vitamin d, dan fosfat makanan-makanan ini dapat menaikan kadar pH di mulut, menurunkan kadar asam, dan mengurangi risiko gigi rusak. Kalsium juga memiliki manfaat lain kalsium bercampur dengan plak dan menempel di gigi, melindungi gigi lebih lama dari asam yang masih bertahan, memperbaiki kerusakan enamel dan menguatkan tulang disekitar gigi anak, menjadikan lebih tahan terhadap penyakit di sekitar jaringan gigi di kemudian hari.

- Permen karet tanpa gula

Anda boleh mengiyakan jika anak merengek minta permen karet tanpa gula. air ludah mengendurkan plak, meningkatkan jumlah antibodi alamiah di mulut, dan menjaga gusi agar tidak kekurangan cairan. Mengunyah makan apapun bisa menstimulasi produksi air ludah. tapi menurut american Dental Association (ADA) mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan bisa membantu mencegah kerusakan gigi. namun anak-anak tidak boleh mengunyah permen karet sebelum usia 4 tahun saat anda bisa mempercayai mereka untuk tidak menelan permen karet itu.

-Wijen,Kwaci,Biji labu, dan kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung lemak alami yang melapisi gigi dan membentengi dari bakteri. minyak dalam biji-bijian membantu menguatkan enamel, membuat gigi menjadi lebih tahan terhadap lubang. Kebanyakan biji-bijian mengandung kalsium. Anak-anak berusia lebih dari 4tahun bisa mengonsumsi ini sebagai camilan sehat.

-Wortel mentah, seledri, bunga kol, kacang polong, dan kapri

Sayuran renyah adalah makan untuk dikunyah yang secara mekanis membersihkan gigi dan gusi anak-anak. Makanan-makanan ini secara alami menyingkirkan plak yang terbentuk di antara waktu makan atau yang terlewatkan ketika menggosok gigi. biasakan anak untuk makan perlahan dan mengunyah dengan benar makan renyah di dalam mulut.

Tidak ada komentar: